Masalah Motor Matic
Ilustrasi Motor Matic

INFO OTOMOTIF – Motor matic menawarkan kemudahan bagi penggunanya. Yakni, hanya cukup menggunakan gas dan rem tanpa harus mengoperasikan gigi motor. Hal tersebut terjadi karena motor matic dirancang dengan teknologi continuosly variable transmission (CVT).

Namun, tak sedikit keluhan dari para pengguna motor matic yang konon cenderung sering mengalami masalah. Dalam artikel kali ini, kami akan mengetengahkan tips cara merawat motor matic agar tetap prima saat dikendarai. Silakan simak artikelnya.

Rutin Ganti Oli Transmisi

Sepeda motor matic dilengkapi oleh oli gardan yang juga perlu diperhatikan selain oli mesin. Oli gardan yang kerap diganti secara berkala akan membantu proses pelumasan gear pada gardan saat tenaga mesin disalurkan ke roda dengan baik. Dengan demikian, kinerja CVT akan tetap optimal.

Periksa V-belt CVT

Komponen penting lainnya adalah V-belt. Komponen ini bertugas meneruskan tenaga mesin ke roda belakang. Seiring dengan lamanya pemakaian, V-belt yang sudah aus akan rentan putus dan membahayakan keselamatan pengendara.

Perhatikan Kondisi Roller

Roller pada motor matic berfungsi untuk memberikan perubahan pada mekanisme V-belt sehingga roda bida bergerak. Roller pada motor matic berfungsi untuk membantu mengatur putaran mesin dari rendah ke tinggi.

Perawatan Kampas Kopling

Tenaga mesin menuju roda belakang motor matic difungsikan oleh kampas kopling atau ganda. Kampas kopling yang aus akan membuat penyaluran tenaga kurang optimal dan sering menimbulkan suara tidak nyaman.

Servis Berkala dan Gunakan Sparepart Asli

Lakukan pengecekan dan perawatan secara berkala agar transmisi otomatis motor matic Anda tetap dalam kondisi prima. Jangan lupa pula untuk melakukan pembersihan di setiap area CVT agar mengurangi tingkat gesekan akibat kotoran dan debu.

Demikian tips singkat melakukan perawatan transmisi motor matic yang bisa Anda terapkan. Semoga bermanfaat.

Artikel Story

Back to top
Close Offcanvas Sidebar