Masalah mobil susah distarter
Masalah mobil susah distarter

INFO OTOMOTIF – Beberapa penyebab kenapa mobil susah distarter yang perlu Anda ketahui dan penting dijadikan referensi. Secara umum, ketika mobil susa distarter disebabkan adanya gangguan pada aki mobil. Namun, tahukan Anda bahwa ada komponen lain yang bisa memicu mobil sulit distarter?

Dilansir dari CNN Indonesia, ada 5 penyebab mobil susah distarter. Berikut daftarnya:

Busi Mobil Kotor

Kondisi busi yang kotor bisa menjadi faktor utama mobil susah untuk distarter. Busi yang kotor mengakibatkan kinerja pembakaran pada mesin mobil tidak bisa maksimal.

Masalah penyebab busi bisa menjadi kotor karena buruknya kualitas bahan bakar yang digunakan. Selain kotor, perlu diketahui bahwa busi jiga harus diganti jika masa pakainya sudah tidak layak lagi.

Koil tidak berfungsi

Koil pada mobil memiliki fungsi untuk menggandakan tegangan arus listrik menuju ke aki. Koil akan memutus aliran listrik dengan tiba-tiba untuk menghasilkan percikan api pada busi.

Terdapat beberapa indikasi yang menandakan jika koil ini sudah waktunya untuk diganti. Yakni, susah distarter, tenaga mobil berkurang, dan mobil tiba-tiba mati sendiri pada saat suhu mesin panas.

Alternator rusak

Alternator atau dinamo merupakan salah satu komponen yang memiliki fungsi untuk mengalirkan arus listrik menuju ke aki.

Banyak faktor yang bisa menyebabkan alternator ini rusak. Selain karena faktor usia, memasang aksesoris yang memerlukan energi listrik berlebihan pada mobil juga bisa menjadi salah satu penyebab alternator mobil ini cepat mengalami kerusakan.

Masuk angin

Bagi pemilik mobil bermesin diesel, masalah utama yang mungkin terjadi saat mobil susah distarter adalah masuk angin.

Istilah masuk angin ini adalah kondisi udara yang terperangkap dan masuk ke dalam saluran bahan bakar mobil.

Lantaran bahan bakar yang masuk menjadi berkurang akibat tercampur udara, maka proses pembakaran tidak bisa optimal sehingga mengakibatkan mesin mobil bermesin diesel menjadi susah untuk distarter.

Bahan bakar yang tak lancar

Penyebab terakhir mobil susah distarter adalah aliran bahan bakar yang tak lancar. Hal ini menyebabkan bahan bakar tersebut tak bisa didistribusikan dengan sempurna dari tangki ke mesin mobil.

Jika mobil sulit distarter dalam kondisi dingin, maka yang terjadi adalah pompa bahan bakar atau fuel pump yang sudah melemah.

Selain fuel pump, kondisi ini juga akan sering terjadi jika Anda menggunakan bahan bakar dengan oktan atau RON yang tak sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Demikian informasi otomotif tentang masalah mobil susah distarter dan solusinya. Semoga bermanfaat. Jika ingin membeli atau menjual mobil, baik baru maupun bekas, Anda bisa mencari informasinya di halaman Mobil dan Motor.

Terimakasih, semoga bermanfaat.

Artikel Story

Back to top
Close Offcanvas Sidebar